H. SUPRAPTO, TAK LELAH PERJUANGKAN ASPIRASI RAKYAT.

H. Suprapto, Komisi A Fraksi Partai Golkar DPRD Kebumen 2019-2024. (sh)

Selarasindo.com–Pria yang satu ini dalam perjalanan hidupnya waktunya secara total untuk mengabdi kepada masyarakat, melalui jalur politik.

Sejak tahun 1997 hingga kini terus konsen memperjuangkan aspirasi rakyat. Ia kini duduk Komisi A  DPRD kabupaten Kebumen dari Fraksi Partai Golongan Karya (Partai Golkar).

Sebelumnya, dari 1997-2014 selama 4 periode berturut turut sebagai anggota DPRD Kabupaten Kebumen dan 2 kali menjabat sebagai Ketua.

Tahun 2014-2019 istirahat. Tahun 2019 didorong  oleh masyarakat agar kembali maju sebagai calon legislatif. Atas besarnya dukungan masyarakat, akhirnya terpilih sebagai wakil rakyat periode 2019-2024 dari Partai Golkar dan kini duduk di Komisi A, (Bidang Pemerintahan).

Dalam bincangannya dengan selarasindo.com belum lama ini ia menuturkan,  sebagai anggota legislatif  ia  terus mendorong Pemda  Kebumen untuk bekerja keras dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Salah satu cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggali potensi sumber daya alam dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusianya.

Pantang menyerah.

Sebagai contoh, saat itu masyarakat Kebumen mendukung rencana pendirian pabrik Semen Gombong. Namun rencana tersebut terkendala ijin, akhirnya  dihentikan.

“Hal ini karena sebagian besar lahan yang akan digunakan untuk keperluan pabrik Semen Gombong adalah milik Perhutani. Karena Perhutani tidak memberi ijin, maka rencana tersebut terhenti.” ujar H. Suprapto.

Kerjasama dengan Unindra.

Pemda Kebumen kemudian menjalin bekerja sama dengan perguruan tinggi. Salah satunya dengan Universitas Indraprasta PGRI Jakarta (Unindra) untuk kerjasama bidang penelitian dan pemetaan kawasan Geopark.

Dengan adanya kawasan Geopark ini  diharapkan desa-desa di sekitar kawasan geopark akan bisa memberdayakan dan mengembangkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada.

“Misalnya, daerah tersebut memiliki potensi  di bidang pariwisata, pertanian maupun perkebunan. Hasilnya bisa dimanfaatkan baik untuk diolah maupun dieksport sehingga  bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” ujarnya lagi.

Tingkatkan kompetensi.

Selain menggali sumber daya alam, kabupaten Kebumen juga terus berupaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya menjalin kerjasama dengan Unindra dengan memberi kesempatan kepada tenaga pendidik yang bertugas di daerah agar bisa meningkatkan strata pendidikannya dari S1 ke S2 melalui program Pendididikan Jarak Jauh (PJJ).

Program PJJ S2 Unindra bekerjasama dengan Pemda Kebumen yang dibuka pada tahun 2019 ini, diikuti mayoritas oleh guru-guru swasta. Ketika ditanyakan tentang PJJ S2 untuk PNS, H.Suprapto mengatakan bahwa ia sangat mendukung adanya PJJ S2 bagi PNS.

Namun karena PNS kewenangan Pemerintah Pusat, maka Pemda tengah memperjuangkan agar pemerintah pusat juga memberikan kesempatan bagi PNS yang ada di daerah untuk bisa ikut PJJ. S2 tersebut.

“Selain itu kami juga terus memperjuangkan agar tenaga honorer dan GTT segera diangkat sebagai PNS.” ungkapnya lagi.

Amanah.

H. Suprapto menyadari bahwa sebagai wakil rakyat tugas yang diembannya tidak ringan. Untuk itu ia terus berupaya agar bisa memegang amanah rakyat dengan baik.

“Selama menjadi wakil rakyat saya terus berupaya untuk bersikap dan berperilaku yang bisa menjadi contoh bagi masyarakat.” tuturnya.

Aktif di kegiatan sosial kemasyarakatan.

Selain totalitas di dunia politik ia juga aktif di bidang sosial kemasyarakatan. Diantaranya pernah menjabat sebagai ketua FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri) Kabupaten Kebumen.

Sejalan dengan bertambahnya usia dan pengabdiannya, ia kini naik ‘pangkat’ yakni dimohon untuk duduk sebagai Dewan Penasehat (Wanhat) FKPPI Kebumen.

Regenerasi.

Seperti halnya pada Sabtu 21 September 2019 lalu ia hadir dalam acara ulang tahun FKPPI Kebumen ke 41, yang dirayakan di Agro Karang Penginyongan (AKP) di desa Karang Tangah, Cilongok Banyumas.

Dikatakan, bahwa saat ini anggota FKPPI kabupaten Kebumen sekitar 3000 orang. Kegiatan sosial kemasyarakatan meliputi:  membantu TNI- Polri dalam program TMD, mengikuti  kegiatan upacara, membatu korban bencana alam dan setiap lebaran, FKPPI Kebumen juga senantiasa dilibatkan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas.

Ia menuturkan bahwa FKPPI kini adalah ormas yang berada di bawah naungan TNI-POLRI. Untuk  itu, FKPPI senantiasan pada posisi garda terdepan dalam ikut serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan berpegang pada prinsip NKRI harga mati.

“Sejalan dengan perjalanan waktu, para pengurus dan anggota usianya semakin lanjut.  Maka saya berharap agar anak anak muda mau bergabung dengan FKPPI. Karena FKPPI kelak perlu regenerasi, ” ujar H. Suprapto seraya menutup bincanganya. (Saring Hartoyo).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.