LIS GUNARTO SPD MM.KEPALA SMP NEGERI 1 BANTARKAWUNG, BEKALI ILMU KEPEMIMPINAN BAGI SISWA.

Lis Gunarto SPd MM. kepala SMP Negeri 1 Bantarkawung saat sebelum membuka LDK di Agro Karang Penginyongan (AKP) Rabu 11/12. (SH)

Selarasindo.com–Sekolah senantiasa membekali pendidikan tentang kepemimpinan bagi siswa siswinya. Pendidikan ini bertujuan antara lain meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan.

LDK ini  juga dalam rangka meningkatkan kemampuan berorganisasi dan kesadaran politik sebagai warga Negara yang baik dan bertanggung jawab bagi siswa. Meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugas – tugas kepemimpinan. Memberikan kesempatan belajar bagi peserta didik.

Lis Gunarto SPd MM. saat membuka LDK kepada pengurus OSIS di AKP Rabu 11/12. (SH)

Mendorong, membimbing serta mengarahkan potensi kepemimpinan. Menumbuhkan, meningkatkan dan memantapkan kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga Negara khususnya generasi muda penerus perjuangan bangsa. Memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan disiplin.

Hal itu disampaikan Lis Gunarto Pujihartono SPd.MM. Kepala SMP Negeri 1 Bantarkawung, Brebes Jawa Tengah dalam boncangannya dengan selarasindo.com sesaat sebelum membuka LDK bagi pengurus OSIS di wahana wisata edukasi Agro Karang Penginyongan (AKP), Rabu 11/12.

“LDK ini adalah pembelajaran di luar kelas. Adapun dipilihnya AKP sebagai tempat pembelajaran karena fasilitas dan pelayanannya bagus, suasana dan pemandangan indah alami serta jauh dari keramaian sehingga siswa bisa konsen dalam mengikuti kegiatan.” ujarnya

Pria yang  satu ini mengawali kariernya sebagai kepala sekolah di SMP 3 Tonjong selama 2 tahun. Kemudian ditugaskan sebagai kepala SMP Negeri 2 Tonjong selama 4 tahun. Dan sejak Agustus 2018 ia memimpin SMP Negeri 1 Bantarkawung. Hingga saat ini  ilmu kepemimpinan itu sudah dijalankannya di dunia pendidikan selama delapan tahun.

Favorit.
Selanjutnya ia bertutur bahwa tahun ajaran 2019-2020 ini SMP Negeri 1 Bantarkawung jumlah siswanya ada 832. Sekolah yang satu ini adalah favorit. Minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sini begitu tinggi. Bahkan ada yang dari Salem yang berjarak 20 km dari sekolah ini.

Bantarkawung tergolong kecamatan yang cukup kompetitif dalam dunia pendidikan. Pasalnya di kota kecamatan ini ada 7 SMP Negeri, dan 11 SMP swasta

“Di sini juga sudah ada satu SMA Negeri dan beberapa SMK Swasta sehingga mempermudah bagi lulusannya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikannya.” ujar penggemar olahraga ini.

Siap mengikuti tantangan jaman.
Dunia pendidikan saat ini dihadapkan kepada tantangan yang cukup berat dan cepat yakni perkembangan jaman mulai dari sosial, ekonomi, budaya terutama dibidang teknologi dan informasi.

Untuk menyiapkan generasi penerus yang siap berkompetisi dengan negara lain diperlukan tenaga pendidik yang mumpuni sehingga bisa membekali bagi anak didiknya sebagai calon pemimpin masa depan atau generasi penerus yang siap bersaing dengan bangsa lain.

Untuk itu ia mengajak semua komponen yang ada di sekolah mulai dari tenaga pendidik hingga kependidikan untuk senantiasa mengikuti perkembangan jaman yang sangat pesat ini.

“Dengan staregi Menteri Pendidikan yang baru ini, kami siap untuk mengikutinya. ” ujar Lis Gunarto lagi.

Masih perlu tambahan sarpras 

Selain berbagai prestasi yang telah diraih sekolah ini baik dalam bidang akademis maupun non akademis, namun masih perlu penambahan sarana berupa ruang belajar dan Lab Komputer.

” Kami masih kekurangan ruang belajar. Untuk Lab komputer, jumlah komputernya masih kurang,” ujarnya menutup bincangannya karena segera membuka LDK bagi siswa siswinya. (Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.