CHANDRA HARTANTO S.Sos : “JELANG PILKADA SEREMPAK, BAWASLU CILACAP RANGKUL WARIA UNTUK BANTU PENGAWASAN.

Chandra Hartanto S.Sos Sekretaris Bawaslu kabupaten Cilacap. (SH)

Selarasindo.com–Menjelang Pilkada serempak, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Cilacap Jawa Tengah mengajak kaum kalangan transgender untuk berperan aktif membantu pengawasan jalannya pemilu.

Hal itu dikatakan Chandra Hartanto S.Sos.  Sekretariat  Bawaslu kabupaten Cilacap Jawa Tengah kepada selarasindo com usai menggelar acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat  khususnya kepada Kelompok Trangender (Waria) di  wilayah Distrik Kroya bertempat  di gedung pertemuan Sena Park Kroya, Senin 9 Maret 2020 

“Meski secara legalitas kami tidak mengakui adanya transgender atau waria, namun sebagai warga negara mereka juga memiliki hak politik. Untuk itu komunitas waria ini perlu dibina dan dilibatkan ketika ada pemilihan umum.” ujar Chandra.

Sosialisasi ini diikuti 100 orang bukan seluruhnya kalangan waria namun juga para pekerja di salon di wilayah Distrik Kroya. Mereka mendapat pengarahan agar pada saat proses pemilu, selaku warga masyarakat diharapkan ikut berperan aktif dalam membantu pengawasannya jalannya Pemilu di lingkunganya masing-masing.

” Dengan harapan, Pemilu dapat berjalan lancar. Apabila menemukan adanya  pelanggaran pemilu di tengah masyarakat, mereka diharapkan untuk segera mengkomunikasikan kepada Bawaslu, ” ujar Chandra.

Pemberdayaan masyarakat dari kalangan waria di kabupaten Cilacap  baru kali ini. Namun sebelumnya sudah banyak kalangan masyarakat yang dilibatkan. Diantaranya kelompok milenial ( pemuda),  komunitas Adat dan Budaya dan kedepannya juga akan mengajak kalangan komunitas perempuan, komunitas Gojeg dan lainnya.

Untuk pelaksanaan Pilkada serempak kabupaten Cilacap, jika melihat dari revisi Undang-Udang Pemilu, akan dilaksanakan pada tahun 2024 sehingga masih ada waktu untuk merangkul masyarakat kabupaten Cilacap. (Saring Hartoyo)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.