KI SURATMAN BAGOL: “BERKAT UNINDRA ANAK- ANAK SAYA JADI SARJANA.”

Ki Suratman (Bagol) dan Samiem (istri)
Ki Suratman (Bagol) dan Samiem (istri). (SH)

Selarasindo.com–Sebagai seorang seniman, Ki Suratman pernah menjadi dalang laris. Namun dinamika kehidupan terjadi pasang surut. Di tengah mengalami kesulitan ekonomi apalagi, anak-anaknya saat itu butuh biaya kuliah  ia amat diberuntung karena dipertemukan  dengan sosok Prof.Dr. H. Sumaryoto Rektor Unindra Jakarta.

Pertemuan pertamakali dengan Prof. Dr. H. Sumaryoto saat itu di rumah dalang kondang Ki Anom Suroto di Solo.

Dalang cilik Rafi Ramadhan dan Pramariza Fadhlansyah cucu Prof Sumaryoto saat pentas di rumah Ki Suratman Bagol dalam acara tasyakuran sunatan anak ke 4 nya Sabtu 14/3. ( SH)

“Saya bertemu dengan beliau Prof Sumaryoto di rumah Pak Anom Suroto di Solo. Saat itu beliau juga tengah silaturahmi dengan Pak Anom untuk m berbincang pelestarian seni budaya khususnya wayang. ” ujar Ki Suratman dalam bincangannya dengan selarasindo.com dirumahnya desa Karangsembung Nusawungu Sabtu 14/3.

Saat itu ia tengah punya hajat tasyakuran khitanan anak bungsunya, dengan menampilkan dalang cilik dan remaja kakak beradik yakni Pramariza Fadhlyansyah dan Rafi Ramadhan.Di sela menyambut tamu didampingi sang istri Samiem ia sempat cerita bahwa pertemuannya dengan beliau Prof Sumaryoto berlanjut hingga kini dan amat besar hikmahnya baginya.

” Dari pertemuan sekitar tahun 2011 itu terus berlanjut hingga kini” ujarnya lagi. Sebagai seniman, Ki Suratman terus membantu kegiatan Unindra dalam program pengabdian masyarakat di bidang pelestarian seni budaya khususnya wayang kulit yang setiap bulannya dipentaskan di berbagai daerah.

Bahkan pentas wayang kulit dalang Prama – Rafi sudah 3 kali pentas di Nusawungu dan dua kali di rumahnya.

“Kegiatan seperti ini yakni pentas wayang kulit ini semua difasilitasi oleh Pak Raktor Unindra.” ujarnya lagi.

Atas bantuan dan kerjasama dengan beliau Prof Sumaryoto ia amat bersukur. Dengan bantuan beliau anak pertamanya Wiwin Widyaningsih sudah lulus D3 kesehatan dan kini bekerja di RS Benowo Surabaya, kini sudah berkeluarga bersuamikan anggota AL.

Anak ke dua, Susi Puspitasari SPd lulusan Unindra kini mengajar di SMK Karya Mandiri Nusawungu. Dan anak ke 3, Arif Triyuwono MPd sudah menyelesaikan S 2 bahasa Inggris di Unindra.

” Atas bantuan beliau Prof. Sumaryoto anak- anak saya bisa meraih gelar sarjana,” ujar Suratman lagi. (Saring Hartoyo).

Prof Sumaryoto bagi saya adalah sosok yang sangat luar biasa . Saya bertemu dengan beliau Pak Rektor saya bisa menguliahkan anak – anak hingga jadi sarjana.” tuturnya. (Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.