PUJIATI SPd.SD : “SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH, GURU DITUNTUT RAJIN TERJUN KE MASYARAKAT”.

Pujiati SPd, SD kepala SDN1 Purwokerto Lor yang juga pengampu SD N3 Sokanegara. (SH)

Selarasindo.com–Pujiati SPd SD yang kini menjabat kepala sekolah SD N1 Purwokerto Lor,  mendapat untuk mengampu sebagai kepala SD N3 Sokanegara.

Hal ini karena Listyowati SPd, kepala Sekolah lama memasuki masa pensiun pada bulan Mei 2020 lalu. Karena belum ada pengganti difinitif, kemudian pimpinan memberikan mandat kepada Pujiati SPd SD untuk mengampu sementara.

Acara lepas sambut diselenggarakan di Pendapa Praba Wulan, obyek wisata edukasi Agro Karang Penginyongan desa Karang Tengah Cilongok Banyumas, Rabu 8/7.

Usai serah terima, Pujiati SPd sempat berbincang dengan selarasindo.com. Ia menuturkan, SD Negeri 1 Purwokerto Lor yang ia pimpin selama ini siswanya sebanyak 189. Sedangkan SD Negeri 3 Sokanegara siswanya 299.

Sistem pendidikan jarak jauh.

Dikatakan oleh Pujiati, dengan adanya wabah Corona (Covid-19), dunia pendidikan tengah mengalami perubahan model pembelajarannya. Dari tatap muka di ruang kelas, kini diubah ke sistem pendidikan jarak jauh atau daring.

Dengan sistem daring ini, tidak semua siswa maupun orang tuanya memiliki HP.  Kalau pun punya HP, tidak semua orang tua bisa menggunakan fasilitas untuk daring.

” Bahkan ada orangtua siswa ketika oleh guru dimintai alamat emailnya, malah yang dikasihkan alamat rumah,” ujarnya lagi

Oleh karenya, ia berharap guru harus rajin terjun ke masyarakat untuk menemui wali murid yang kesulitan terhadap sistem pendidikan jarak jauh tersebut.

Butuh perhatian orang tua.

Selain itu, sistem pendidikan online ini para guru mengalami kesulitan dalam mengawasi aktifitas siswanya.Hal ini karena siswanya semua berada di rumah.

” Untuk itu kami memohon kepada orangtua siswa untuk mengawasi aktifitas anaknya. HP tidak hanya untuk main games, tapi yang terpenting adalah sebagai media daring yakni membaca tugas-tugas guru, baik mata pelajaran maupun ulangan,” ujar Pujiati lagi. (Saring Hartoyo)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.