GURU, KEPALA SEKOLAH TK, PAUD, SKB SE AJIBARANG ADAKAN KEGIATAN DI AKP.

Guru dan kepala sekolah TK, PAUD, SKB se kecamatan Ajibarang mengadakan kegiatan di Agro Karang Penginyongan (AKP), Jumat 21/8 (SH)

Selarasindo.com– Guru dan kepala sekolah: TK, PAUD dan SKB berasal dari 10 sekolah se se kecamatan Ajibarang Banyumas, mengadakan kegiatan di Agro Karang Penginyongan (AKP), wahana wisata edukasi populer di desa Karangtengah Cilongok Banyumas, Jumat 21 Agustus 2020.

Dwi Darwati SPdI, Kepala TK Aisyiyah Bustanul Afthal 2 Ajibarang sekaligus kordinator acara tersebut menuturkan bahwa kunjungannya di AKP ini dalam rangka melaksanakan program sekolah.

Dwi Darwati SPdI. Kordinator acara. (SH)

Selain dalam rangka sosialisasi program sekolah sekaligus mengadakan perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia. Acara diisi dengan berbagai lomba antar guru, antara lain: Panggul Tampah, memasukkan paku dalam botol dan lainnya. Usai acara pembagian hadiah dan foto bersama.

“Acara ini juga dalam rangka silaturahmi karena ada beberapa guru baru, sekaligus perayaan HUT ke 75 Kemerdekaan RI,” ujar Darwati lagi.

Di AKP menurutnya fasilitasnya cocok untuk dunia pendidikan khususnya sebagai tempat bermain anak seperti SKB, PAUD-TK.

Maka ia berharap AKP terus dikembangkan dan diperkenalkan kepada sekolah -sekolah melalui brosur lengkap dengan daftar  fasilitas dan harganya sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai bahan dalam menyusun program berikutnya.

” Tempat ini cocok untuk kegiatan outingclass,”ujar Dwi lagi.

Selain tempatnya bagus, alamnya juga sangat mendukung. Ada area permainan sehingga amat cocok sebagai wahana pelatihan motorik anak. Ada kebon binatang kecil yakni rumah reptil, juga dekat peternakan sapi.  Lengkap dengan dengan bunga-bungaan, serta tanaman lainnya seperti sayuran , umbi-umbian, kelapa hingga pohon durian.

Semua Guru Rangkap Jabatan
Dwi Darwati SPdI mengajar di TK Aisyiyah 2 Ajibarang ini. Saat ini jumlah siswanya sebanyak 49 siswa yang terdiri dari usia antara 4-6 tahun. Gurunya ada 4 orang semua rangkap jabatan.  Mulai  dari mengajar,   menangani administrasi hingga bersih-bersih sekolah.

“ Kepala sekolah dan guru di sekolah kami semua rangakap jabatan. Mulai dari mengajar, menangani administrasi hingga kebersihan,” ujar Dwi Darwati. Meski tugasnya cukup berat, namun ia tetap bersyukjur. Dalam perkembangannya kesadaran masyarakat untuk menyekolahkan anakn balitanya semakin baik. Terbukti di sekolahnya dari tahun ke tahun jumlah siswanya mengalami peningkatan. Namun lantaran dampak wabah wabah Coroma secara umum jumlah siswanya menurun.

Sebelumnya siswanya 80 anak. Namun karena kekhawatiran masyarakat dan kondisi ekonomi sehingga yanguyang kurang baik, sehingga tahun 2020 menurun menjadi 49 siswa.” ujar lulusan sarjana Pendidikan Islam IAIN Purwokerto tahun 2013 ini.

Dikatakan, dengan adanya wabah Corona atau Covid-19 ini para guru saat ini tidak mengajar di sekolah namun belajar dirumah. Guru-guru memberikan pembelajaran di rumah (BDR). (Saring Hartoyo ).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.