OTTI JUMALIS: INGIN JADI PENYANYI HEBAT HARUS PUNYA PENDENGARAN YANG BAIK.

Otti Jamalus.(ist)

Selarasindo.com–Ternyata untuk menjadi penyanyi hebat tidak melulu harus memiliki vokal yang baik.  Tapi yang lebih  penting justru mesti memiliki kuping yang baik.

Hal ini arena instrumental musik akan merasuk jiwa apabila pemilik pendengaran baik. Setelah Memiliki kuping atau pendengaran yang baik, giliran olah vokal dan olah rasa yang dikembangkan di sekolah musik.

“Syarat utama menjadi hebat harus memiliki pendengaran yang baik, karena dari mendengar instrument musik yang baik. Akan muncul karakter suara yang baik pula,” ujar Otti Jamalus, musisi yang sekaligus pengajar di sekolah musik miliknya yakni ‘Otti Jamalus Musik’ di kawasan Radio dalam Jakarta Selatan saat jadi narasumber Cakap-Cakap Bareng Bens Leo, pengamat musik kondang. Senin (21/09/2020).

Karena untuk karakter vokal yang baik sudah dimiliki oleh setiap penyanyi sejak lahir sehingga tinggal diselaraskan, disesuaikan dengan jenis musik yang akan ditekuni setiap individu.

“Karakter vokal sudah dari sananya, pemberian Tuhan, jadi kita tidak perlu repot merubahnya. Paling sebagai pengajar, saya tinggal menyelaraskan saja. Biar lebih bagus dan baik” kata Otti mantap.

Belajar musik tidak hanya milik orang awam yang ingin terkun sebagai penyanyi atau musisi. Tapi untuk sebagian penyanyi yang merasa perlu diasah lagi rasa bernyanyi dan bermusiknya juga menyambangi sekolah musik Otti.

“Untuk penyanyi yang sudah terkenal, soal suara tidak masalah. Tapi tekanan mental yang biasanya belum dikuasai betul, ketika jelang menggelar konser sehingga merasa perlu dibenahi sisi itu,” papar Otti.

Dicontohkan Oti beberapa penyanyi yang minta advice pada dirinya ketika jelang konser.

“Gleen Fledly, Bunga Citra Lestari sempat datang kesini Jelang konsernya,” tandas Otti

Bahkan saking puasnya atas pengajaran musik yang diberikan Otti. Glen Fledly menitipkan istri dan anaknya untuk belajar musik padanya.

“Dua Minggu jelang meninggal, Gleen sempat niti pada saya untuk kasih bimbingan bermusik pada istri dan anaknya. Sungguh saya nggak menyangka, itu menjadi wasiat dari Gleen Fledly” jelas musisi jazz handal ini.

Wanita ramah kelahiran Jakarta, 27 Oktober 1968 ini memang aktif sebagai pelatih vokal untuk beberapa penyanyi populer di Indonesia. Sebut saja, Titi DJ, Glen Fredly (piano), Agnes Monica, Group vokal B3, Bunga Citra Lestari, Nino Kayam “RAN”, Rendy Pandugo, Endah dari “EndahRhesa”, dan beberapa pemusik muda lainnya. (Buyil/SH)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.