SUTOPO HS, ‘TURUN GUNUNG’ DEMI SISWA.

Sutopo HS Kepala SMK Purnama 2 Gombong. (SH)

Selarasindo.com– Pandemi Corona (Covid-19) yang terus berlanjut hingga kini berdampak ke berbagai lini kehidupan termasuk ke dunia pendidikan.

Untuk mengantisipasi menularnya virus Corona tersebut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI menetapkan sistem pendidikan jarak jauh atau daring. Untuk itu perlu adanya strategi agar siswa tetap eksis mengikuti pelajaran melalui online.

SMK Purnama.2 Gombong, jln Kenanga, desa Kemukus, Gombong, Kebumen Jawa Tengah. (Ist)

” Kami tugaskan guru untuk berkunjung ke rumah siswa, ” ujar Sutopo HS kepala SMK Purnama 2 Gombong, Kebumen Jawa Tengah ini dalam bincangannya dengan selarasindo.com Kamis 24/9.

Bukan hanya para tenaga pendidik saja yang ‘ turun gunung’ untuk memantau dan mendampingi siswa. Sutopo HS sendiri tak segan untuk terjun langsung ke lapangan bertemu dengan orang tua wali siswa.

Dengan silaturahmi ini ternyata dampaknya sangat positip. Orang tua jadi tahu apa yang dihadapi sekolah karena dampak Covid-19. Termasuk didalamnya masalah kesulitan dana. Dengan pendekatan itu orangtua banyak yang tergugah untuk membayar SPP dan tanggungan lainnya.

Bukan sebatas itu. Dengan para guru turun ke lapangan masyarakat menjadi tertarik untuk menyekolahkan anaknya di SMK Purnama 2 Gombong.

” Jika tahun lalu jumlah siswa sedikit menurun, tahun ajaran 2020-2021 bertambah. Kami dapat siswa baru 4 kelas,” ujar Sutopo lagi.

Dikatakan bahwa sebagai sekolah kejuruan swasta tantangan yang dihadapi cukup berat. Selain terus menyesuaikan kebijakan dari pemerintah, disisi lain juga mempertahankan agar tenaga pendidik dan kependidikan sebanyak 31 orang ini tetap bisa eksis.

Untuk terjun ke lapangan butuh operasional tambahan. Selain itu, siswa juga tidak semua bisa mengikuti pelajaran dengan sistem daring karena terkendala jaringan atau akses internet.

” Oleh karena itu, kami terus bekerja keras agar para siswa bisa mengikuti sistem pendidikan jarak jauh ini, ” ujar Sutopo HS pendidik yang juga wirausaha sukses yang bergerak di bidang realestate dan  produk kaos ini. (Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.