MAHASISWA UMP DIBEKALI TEKNIK DASAR JURNALISTIK.

Drs. Edi Romadon dosen Bahasa dan Sastra UMP tengah membekali mahasiswa semester 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tentang teknik dasar Jurnalis, di Pendapa Praba Wulan AKP, Kamis.8/9.(SH)

Selarasindo.com- Upaya menggali kemampuan mahasiswa di bidang tulis menulis dan jurnalistik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyelenggarakan pelatihan jurnalistik dasar bagi mahasiswanya.

Sebanyak 15 mahasiswa semester 5 UMP Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Program Studi Bahasa Indonesia dan Sastra, Kamis 8 Oktober 2020 berkunjung ke wahana wisata edukasi Agro Karang Penginyongan (AKP) di desa Karangtengah Cilongok Banyumas.

Kunjungannya yang dipimpin oleh Irvan Yulanda Saputra selaku ketua kelas ini dalam rangka menindaklanjuti teori dasar teknik jusnalistik yang pernah diberikan oleh sang dosen bahasa dan sastra yakni Drs. Edi Romadon (Edon) pada semester 3 lalu.

Saat itu mahasiswa sebagai wartawan menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan wahana wisata edukasi Agro Karang Penginyongan yang dipaparkan oleh jajaran AKP sesuai bidangnya masing-masing

Mahasiswa UMP observasi di kawasan Agro Karang Penginyongan dengan menikmati indahnya alam dan foto bersama di bukit Manggalayang, saat pembekalan teknik dasar jurnalistik, Kamis 8/20.

Mahasiswa  selaku wartawan mewawancarai staf AKP. Narsam selaku OM sekilas memaparkan tentang profile AKP yakni berbagai fasilitas serta aneka tanaman yang ada sebagai media edukasi. AKP juga menyediakan lahan terbuka untuk perkemahan baik untuk Pramuka maupun umum.

Catur menyampaikan tentang fasilitas penginapan yakni Umah Gubug, Umah Kelapa dan Vila. Selanjutnya Hendro menyampaikan tentang aneka menu yang tersediakan di wahana wisata edukasi ini.

“Disini ada berbagai tanaman seperti Cabe, Terong dan aneka sayuran lainya. AKP juga ditanami aneka  buah-buahan seperti  Kelengkeng. Duren Musangking, kelapa dan lainya. Disini juga ada Taman Reptil seperti Buaya,  ular dan lainnya.” ujar Narsam.

AKP juga disediakan fasilitas untuk kegiatan Outbond, Ice Breaking, fungame dan juga fasilitas untuk  uji adrenalin seperti Flying fox, Panjat Tebing, Jelajah Alam dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Narsam  juga menghibur mahasiswa dengan menyanyikan Lagu Campusari: Kangen Nickerie. Sedangkan  Edon yang juga seorang seniman dan entertainment itu menghibur menyanyikan lagu Lorong Yang Gelap (D’Lloyd) yang diiringi orgent tunggal oleh Joko.

Usai pembekalan, mahasiswa diajak jelajah alam untuk melihat aneka obyek yang ada di AKP.  Para mahasiswa menelusuri Bukit Manggalayang. Di puncak bukit ini mahasiswa menikmati pemandangan indah dari ketinggian 650 m DPL sehingga bisa melihat kota sekitarnya seperti Ajibarang maupun Cilacap.

Di bukit Manggalayang mahasiswa berselfi ria dan foto bersama dengan latar belakang lahan peternakan sapi yang berada di sebelah utara AKP. Setelah itu mahasiswa turun untuk melihat berbagai fasilitas yang ada seperti taman bunga, air mancur lembah Temu Agung dan lainnya.

Paparan tentang profil AKP dan penelusurannya ini oleh mahasiswa dijadikan sebagai bahan penulisan yang hasil karyanya segera dikirim via email ke sang dosen. (Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.