PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, ANSORI GELAR PAMERAN LUKISAN DAN MOZAIK DI RUMAH BUDAYA MARTA TILAAR GOMBONG

Ansori, seniman mozaik dari Gombong. (Ist)

Selarasindo.com–Seniman kondang dari Gombong, Ansori tanggal 24-28 Oktober 2020 akan menggelar Pameran Tunggal Lukisan dan Mozaik di Rumah Budaya Marta Tilaar jalan Sempor lama No 28 Gombong-Kebumen, Jawa Tengah.

Pameran ini dalamnrangka memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 . Pameran seni ini merupakan fisual kegembiraan yang terlahir di Gombong dan Indonesia.

Seni Mozaik ” Kebahagiaan Shinta” karya Ansori. (Ist)

Pameran bertajuk “Bombong Dadi Wong Gombong” ini akan menggelar kurang lebih 20 karya Mozaik dan lukisan cat minyak dengan mengangkat obyek seni budaya Indonesia yang beragam serta tokoh-tokoh karismatik.  Harga karya seni ini dibandrol antara Rp 5 juta- Rp 50 juta.

“Cahaya Hidayah Cat Minyak” Karya Ansori (ist)

Rumah Budaya Marta Tilaar.

Rumah budaya Marta Tilaar berdiri sejak tahun1920 dan direkonstruksi pada tahun 2012. Dibuka untuk umum sejak Desember 2014. Bangunan ini merupakan kontribusi langsung dari Ibu Marta Tilaar untuk ikut memajukan kebudayaan Indonesia khususnya di tanah kelahirannya, Gombong.

Laona Ong, Menejer Rumah Budaya Marta Tilaar menuturkan bahwa semakin banyak seniman berkreatifitas maka semakin beragam hasil karyanya.

“Salah satunya putra kelahiran Gombong, yakni Bapak Ansori yang akan menggelar karyanya dalam bentuk mozaik dan lukisan diatas kanvas.” ujar Laona Ong.

Sementara Sigit Asmo Diwongso seorang peneliti budaya Gombong  berpendapat bahwa  Ansori adalah sosok seniman putra daerah yang kaya akan pengalaman.

“Yang saya rasakan ada roh Gombong yang tidak pernah lepas dari karya-karya beliau. Diantaranya roh Blaka Suta dan aneka keragaman yang muncul. Dalam karya-karya Ansori ada Roh Kemerdekaan, Roh Kebhinekaan dan Roh Kebangsaan,” ujarnya.

Yani Sapto Hoedoyo Dewan Pembina Seniman Ngapak berharap pameran Ansori yang di Gombong semoga berjalan sukses.

” Saya mendukung acara ini  dan mengharapkan para seniman ngapak ikut berpartisipasi supaya tambah semarak.” tutur Yani Saptohoedoyo.

Drs. Ahmad Supono PR Dewan Penasehat Seniman Ngapak menuturkan bahwa ia kenal dengan Ansori sudah cukup lama. Dan yang paling suka terhadap Ansori adalah  seniman yang sudah lama menggeluti dua bidang seni yakni melukis dan mozaik.

“Ansori orang yang lahir di Gombong dan pameran di Gombong, saya merasa salud. Semoga orang-orang Gombong terinspirasi dengan adanya pameran ini,” tuturnya.

Drs. Rahmat Supriyono MPd Ketua Sengapak menuturkan bahwa  sebagai pengurus Seniman Ngapak ia sangat mendukung pameran  yang akan menampilkan karya mozaik dan lukisan didaerahnya sendiri yakni di Gombong.

“Ansori yang hingga kini terus menekuni seni mozaik yang saat ini sudah mulai ditinggalkan  sehingga sangat langka. Oleh karena itu pameran ini layak untuk dikunjungi.” ujar Rahmat berharap.

Sementara itu Kang Tarman, Koordinator Pameran Sengapak menuturkan bahwa ia sangat mendukung atas terselenggaranya pameran ini. Ansori selain akan memamerkan seni lukis, juga karya seni Mozaik yang sudah mulai langka. Dan yang membanggakan lagi pameran ini diselenggarakan di daerah  tempat kelahirannya sendiri sehingga karya-karyanya akan menginspirasi bagi generasi muda.

“Ansori adalah seniman yang multi talenta yang tidak dimiliki seniman lain,” ujar Kang Tarman seperti yang sudah diunggah di yotube. (Saring Hartoyo)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.