MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN PURWOKERTO NIKMATI INDAHNYA MAKRAB DI AKP.

Mahasiswa Fakultas Dahwah IAIN Purwokerto  foto bersama di bukit Manggalayang (AKP) Minggu 8/11. (ist)

Selarasindo.com–Sebanyak 55 mahasiswa IAIN Puruwokerto jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Selama dua hari satu malam (Sabtu- Minggu 7-8 Nopember 2020) mengadakan Makrab di wahana Wisata Edukasi Agro Karang Penginyongan (AKP) di desa Karangtengah, Cilongok- Banyumas, Jawa Tengah.

Maktab atau Malam Keakraban bertujuan agar sesama mahasiswa baru maupun dengan para seniornya  saling mengenal. Kegiatan Maktab biasanya diisi dengan kegiatan yang dilakukan permainan kelompok, makan bersama disuatu area. Dalam Maktab biasanya juga dibekali dengan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan keorganisasian maupun keilmuan sesuai dengan jurusan yang digelutinya.

Amri Syarof Lazuardi Ketua Panitia Makrab, saat mendampingi mahasiswa baru yang tengah mengadakan aneka permainan di halaman Pendapa Praba Wulan (AKP) Minggu 8/11. (SH)

Seperti halya mahasiswa IAIN Purwokerto saat mengadakan Maktab selama dua hari satu malam di Agro Karang Penginyongan.

Sabtu pagi diawali dengan pembekalan materi oleh para dosen untuk jurusan PMI, Analisis Diri dan Kepemimpinan. Para dosen yang memberikan pembekalan antara lain Ageng Widodo dari Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Asep Amaludin (Fakultas Dakwah) dan dari Ketua BEM Purwokerto (Saufi Fernanda) .

Panitia Makrab Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto, usai Makrab di AKP Minggu 8/11. (SH)

Setelah pembekalan, malam harinya peserta Maktab menggelar pentas seni dan music termasuk oleh grup band dari mahasiswa IAIN jurusan PMI.
Untuk lebih mengakrabkan antara mahasiswa baru dengan para seniornya pagi harinya diisi kegiatan outbond dengan aneka permainan seperti estafet Sarung, memasukkan paku dalam botol dan lainnya, dilanjutkan dengan selusur alam ke puncak bukit Manggalayang.

Di puncak dengan ketinggian 650 meter DPL, ini juga melakukan berbagai permainan, selfi dan foto bersama berlatar belakang pemandangan indah, asri dan sejuk.

Dikatakan oleh Amri Syarof Lazuardi mahasiswa semester 5 PMI selaku ketua panitia bahwa, tempat ini ( AKP) amat cocok untuk kegiatan Makrab.

“Kami bersyukur acara berjalan lancar dan para  peserta begitu menikmati.” ujar pria yang biasa disapa dengan panggilan akrab Amri ini

Dulu ketika jadi mahasiswa baru ia pernah mengadakan acara di sini. Menurut Amri, tempat dan fasilitasnya amat mendukung untuk kegiatan malam keakrabatan.

“Akhirnya saya tertarik untuk mengadakan kegiatan di sini, ” ujarnya lagi. Menurut Amri

“Suasananya tenang, pemandangan, asri dan udaranya sejuk. Suasana seperti ini sangat mendukung untuk kegiatan mahasiswa yang bersifat keakraban, kekeluargaan dengan penuh kehangatan,” ujar Amri. (Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.