DESA KROYA RUTIN ADAKAN SENAM DAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI LANSIA.

Lansia adakan Senam Sehat di Pendapa Bale Desa Kroya, Selasa 5/1. (Sh)

Selarasindo.com–Dalam upaya menjaga kesehatan kaum, Lansia (Usia diatas 60 tahun), desa Kroya kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Jawa Tengah secara rutin mengadakan senam sehat.

Acara digelar setiap bulan pada Selasa, minggu pertama. Pelelayanan kesehatan bagi lansia desa Kroya bekerjasama dengan Puskesmas yang dilayani antara lain oleh Isyana Wardani selaku bidan desa.

Seperti halnya pada Selasa 5 Januari 2021, sebanyak 25 Lansia mengadakan senam sehat di Pandapa Bale Desa. Mereka tampak semangat dalam mengikuti berbagai kegiatan dalam program kesehatan Kelas Lansia ini.

Pengukuran tinggi dan berat badan lansia.(sh)

Hal itu dikatakan oleh Liestito (61) kader Posyandu yang juga KPM desa Kroya kepada selarasindo.com usai acara. Apalagi di musim pandemi Covid-19 ini masyarakat juga menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Salah satunya dengan senam sehat.

Setelah senam sehat, dilanjutkan dengan ukur tinggi dan berat badan, pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol, asam urat dan lainnya.

” Dulu sebelum ada Covid, pesertanya ada 45 orang. Namun setelah ada Covid  sempat terhenti dan bulan Desember 2020 lalu dimulai lagi. Hari ini  pesertanya 25 orang,” ujar pengurus PKK desa Kroya yang mengabdi sejak tahun 1987 ini.

Para lansia tengah diperiksa kesehatannya oleh petugas Puskesmas di bale desa Kroya, Selasa 5/1. (Sh)

Dari hasil pemeriksaan siang itu, yang dikeluhkan para lansia antara lain, sakit kaki,  lutut pegel, pusing dan lainnya.

“Alhamdulillah tidak ada yang terindikasi gejala covid,” ujar Liestito lagi. Bagi yang mengalami keluhan sakit, oleh petugas diberikan obat.

Untuk melayani kesehatan khususnya Lansia, kader Posyandu setiap saat mensosialisasikannya kepada pengurus PKK maupun RT. Selain pelayanan kesehatan untuk Lansia, Posyandu desa Kroya juga memberikan pelayanan kepada ibu hamil, balita dan lainnya.

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Liestito berharap adanya peningkatan dana operasional bagi pengurus Posyandu. (Saring Hartoyo)

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.