PENGGEMAR SASTRA, YUK ‘NGOBROL GAYENG’DI UMAH SASTRA AHMAD TOHARI.

 

 

Umah Sastra Ahmad Tohari, di wahana wisata edukasi Agro Karang Penginyongan (AKP). (sh)

Selarasindo.com– Sastra adalah kumpulan kata-kata yang mengandung makna yang tidak biasa. Untuk memahami makna karya sastra baik itu puisi maupun prosa perlu adanya pahaman tersendiri dari ungkapan isi hati yang ditorehkan dalam bentuk kumpulan kata-kata yang memiliki makna luas.

Tak mengherankan jika di tengah masyarakat jarang yang tertarik menekuni profesi sebagai sastrawan.

Selain sulit, menekuni profesi sebagai sastrawan juga kebanyakan  didasari dengan idealis yang kuat. Maka karya sastra indentik sulit ‘dijual’ kepada masyarakat awam. Hanya bagi mereka yang bisa meresapi menekuni secara totalitas sehingga karyanya memberikan pencerahan dan berdampak positif serta bermanfaat bagi masyarakat luas sehingga mengangkat namanya mendunia.

Di Indonesia hanya melahirkan putra terbaik yakni beberapa sastrawan yang karyanya mendunia. Yakni : Andrea Hirata, Pramoedya Ananta Toer, Chairil Anwar, Taufik Ismail, Ahmad Tohari dan Eka Kurniawan.

Bagi masyarakat Banyumas boleh bangga karena salah satu putra daerahnya yakni Ahmad Tohari dengan salah satu novel karyanya berjudul Ronggeng Dukuh Paruk mengangkat namanya melambung dan dikenal dunia.

Agar kelak Indonesia kembali melahirkan sastrawan populer dan dikemal hingga manca negara, Edi Romadhon sastrawan yang juga Dosen Bahasa dan Sastra UMP, Minggu 23 Mei 21 akan menggelar acara Temu Kangen bertajuk “Ayo  Ber Mitra Minggu Sastra”. Bertempat di Umah Sastra Ahmad Tohari di kawasan wisata edukasi Agro Karang Penginyongan (AKP) di desa Karangtengah Cilongok, Banyumas Jawa Tengah.

Acara dimulai pukul 9.00 WIB- selesai, diisi dengan acara ngobrol bareng tentang sastra sebagai obat rindu, obat kanget yang sudah begitu lama menumpuk.

Selain itu juga diisi dengan Obrolan Berbobot tentang kiat sukses menulis oleh H. Ahmad Tohari.

Bagi yang berminat silahkan hubungi lewat WA ke Edi Romadhon: 085100681959 atau Ke Lukman Suryanto TLP : 08529033565.

(Saring Hartoyo).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.