LUKMAN SUYANTO SOSOK MULTI TALENTA. DARI SENI BUDAYA HINGGA BENCANA.

Lukman Suyanto SH Kasi Antisipasi BPBD kabupaten Brebes. (Sh)

Selarasindo.com–Pria bernama lengkap Lukman Suyanto SH ini dikenal masyarakat luas sebagai seniman dan sastrawan. Namun siapa sangka ia adalah Kasi Pencegahan BPBD kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Sabtu 5 Juni 2021 ia membawa rombongan sebanyak 60 relawan untuk mengikuti acara Pelatihan dan Pengukuhan Satgas BPBD selama 2 hari satu malam di Agro Karang Penginyongan, wahana wisata edukasi di Cilongok Banyumas.

Pelatihan Relawan Satgas BPBD kabupaten Brebes di AKP Minggu 6/6/21. (sh)

Sebagai kordinator lapangan atau panitia penyelenggara, tak heran kalau Lukman Suyanto bersama rekan panitia datang lebih awal untuk mempersiapkan berbagai keperluan.

“Ini merupakan kegiatan kantor BPBD Brebes dalam rangka Pelatihan dan Pengukuhan satgas Penanggulangan Bencana. Selain itu, kegiatan ini untuk menjembatani BPBD dengan Relawan dari Brebes Selatan dan Brebes Utara.” ujar Lukman Suyanto dalam bincangannya dengan selarasindo di sela acara.

Jelang penutupan acara,  Narsam OM AKP menyerahkan cinderamata lukisan sebagai ucapan terimakasih kepada Kepala BPBD Brebes Ir. H. Nushy Mansur Msc. (sh)

Dikatakan bahwa bencana yang sering terjadi di kabupaten Brebes antara lain banjir, tanah longsor, tanah bergerak terutama di wilayah Brebes Selatan.

” Ini karena dampak adanya hutan gundul terutama di daerah Cirampok yang dulunya Hutan Lindung kini jadi hutan gundul. Luasnya ratusan hektar. Daaerah inilah yang berpotensi sering terjadi bencana,” ujar Lukman lagi.

Untuk itu Satgas BPBD Brebes menggerakkan para relawan bersama masyarakat untuk mengatasi reboisasi dan lainnya, dalam rangka penanggulangan bencana.

Dikatakan bahwa para relawan yang masuk sebagai anggota Satgas BPBD adalah penduduk yang tinggal di Brebes.  Mereka adalah pekerja suka rela (sosial). Masing-masing kelompok kemudian membentuk wadah. BPBD Brebes kemudian menyatukannya agar mereka bersama-sama melaksanakan pengabdian memberikan pertolongan kepada maayarakat korban bencana alam.

Dijelaskan oleh Lukmam bahwa para relawan berasal dari berbagai organisasi kemasyarakatan seperti Pemuda Muhamadiyah, Pemuda Ansor dan organisasi sosial kemasyarakatan lainnya.

Hoby seni sastra dan budaya.

Lukman Suyanto adalah putra daerah yang dilahirkan tahun 1965 di Banyumas dan kini mengabdi di BPBD Brebes. Ia adalah lulusan Fakultas Hukum Unsoed Purwokerto. Namun sejak remaja memiliki hoby dibidang entertaint khususnya sebagai penyiar radio. Diantaranya ia pernah jadi penyiar Radio Dian Swara, Radio Suara Mahasiwa, dan Radio swasta lainnya.

Dalam menggeluti profesi maupun hobynya di bidang seni sastra secara totalitas  dan berdampingan dengan tugas utamanya sebagai pegawai BPBD. Di bidang seni sastra beberapa karyanya telah dibukukan. Dan ia juga pernah menjadi sekretaris Dewan Kesenian Banyumas (DKB) yang saat itu diketuai oleh sastrawan kondang dari Banyumas yakni H. Ahmad Tohari. (Saring Hartoyo).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.