WISNU DARMOKO SPd, TERUS JALIN KEBERSAMAAN.

Wisnu Darmoko Kepala SMK YAPEK Gombong. (sh).

Selarasindo.com–Sebagai pemimpin yang membawahi 70 orang tenaga pendidik dan kependidikan dengan aneka karakter tidaklah mudah.

Namun pria bernama Wisnu Darmoko SPd Kepala SMK YAPEK Gombong kabupaten Kebumen Jawa Tengah ini memiliki kiat jitu yakni dengan membangun komunikasi baik dengan institusi diatas maupun yang dibawah. Mulai dari tenaga pendidik maupun kependidikan, staf maupun karyawan.

” Sebagai yang dituakan saya harus mau mendengar tentang apa dan bagaimana yang mereka hadapi dan rasakan.” ujarnya saat berbincang dengan selarasindo.com di ruang kerjanya Rabu 30/6/21.

Bagi Wisnu Darmoko memimpin ini bukan hal baru. Ia menjabat kepala sekolah ini sejak tahun 1999 lalu atau sudah berjalan sekitar 22 tahun ini.

Wisnu Darmoko SPd foto bersama tenaga pendidik dan kependidikan SMK YAPEK Gombong. (Dok)

Untuk mewujudkan  SMK YAPEK Gombong sebagai  sekolah unggul  dan menghasilkan sumber daya manusia beriman, bertaqwa,  berkompetensi,   berkarakter  dan berdaya  saing tinggi  di era revolusi industri 4.0 seperti yang tercantum dalam visi misi sekolah ini tidaklah mudah. Tidak bisa dilakukan sendiri, namun butuh bantuan dan dukungan tenaga dan pikiran orang banyak.

Maka ia pun punya kiat bagaimana membangun kebersamaan. Diantaranya dengan pendekatan familiar, sehingga hubungan sesamanya itu senantiasa terjalin dengan baik. Misalnya, di saat istirahat ia menyempatkan waktunya untuk ngobrol sambil ngopi bareng sekaligus mendengar apa masalah yang dihadapi oleh masing-masing personal. Ia terus berupaya menjalin komunikasi dengan penuh keakraban sehingga mereka tidak sungkan untuk mengungkapan permasalahan yang dihadapinya

” Kami terus berupaya agar diantara kita tidak ada’ jarak’ ,” tuturnya.

Ia adalah sosok pemimpin yang disiplin dan totalitas dalam menjalankan tugasnya. Di masa pandemi saat ini meski pembelajaran dilaksanakan dengan pola Pendidikan Jarak Jauh- PJJ (daring), namun ia tetap datang ke sekolah tepat waktu. Apalagi saat Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2021-2022 ini,  calon siswa butuh pelayanan baik administrasi dan lainnya sehingga ia berupaya ontime di sekolah.

Refreshing Ke Kebun.

Memimpin sekolah dengan 960 siswa lebih dan 70 tenaga pendidik dan kependidikan ini tentu menguras tenaga dan pikiran. Untuk membuang rasa jenuh, sesekali ia mengajak keluarga refreshing bersama keluar rumah. Selain itu Wisnu memiliki hoby lain yakni berkebun.

” Kalau tidak jalan-jalan dengan keluarga, saya paling ke kebun menghirup udara segar dan menikmati hijaunya daun. Inilah yang membuat hati sejuk dan badan menjadi bugar,” tuturnya lagi. (Saring Hartoyo).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.