MERIAHNYA SEDEKAH LAUT PANTAI SODONG.

Upacara Sedelah Laut Pantai Sodong Cilacap Jawa Tengah Jumar 27/8/21. (Sh)

Selarasindo.com–Masyarakat kecamatan Adipala dan sekitarnya, Jumat 27 Agustus 2021 berduyun duyun ke Pantai Sodong  desa Karangbenda kecamatan Adipala kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Pasalnya di tempat itu di tempat itu tengah diadakan upacara adat Sedekah Laut.

Nakim Puji Royanto, Ketua Panitia. (sh)

Dikatakan oleh Nakim Puji Riyanto (46) selaku ketua panitia bahwa Sedekah Laut merupakan acara tradisi rutin setiap tahun bagi masyararakat pantai yang mayoritas sebagai nelayan.

Untuk Sedekah Laut kali ini diselenggerarakan oleh Paguyuban Rukun Nelayan Mina Asih yang anggotanya terdiri dari para nelayan dari desa Karang Benda dan Welahan Wetan.  Dikatakan bahwa panitia dan anggota sekitar 100 orang dengan berbagi peran masing-masing yang berasal dari Nelayan Jaring dan lainnya sekitar 50 orang yang kehidupannya mengandalkan dari hasuil laut.

Putri -putri cantik sebagai pager ayu menyemarakkan upacara tradisi Sedekah Laut Pantai Sodong Adipala, Jumat 27/8/21. (sh)

Nakim menuturkan bahwa  meski acara rutin tahunan, namun lantaran adanya pandemi Covid-19 penyelenggaraan sesuai dengan aturan pemerintah yakni Prokes. Beberapa rundon acara terpaksa disingkat. Sebelum larut Saji di Bale Nelayan  diawali dengan upacara ritual (Slametan). Kemudian dilanjutkan iring-iringan Joleng menuju pantai Sodong.   Sebelum larung sesaji di pantai, juga diadakan upacara ritual yang dipimpin oleh sesepun atau tokoh nelayan setempat dan doa.

“Tahun 2020 lalu juga diadakan upacara ritual sedekah bumi seperti ini. Namun juga dengan sederhana karena dalam situasi pandemi seperti saat ini,” ujar Nakim lagi.  Diakhir bincangannya Namim berharap agar Covid segera sirna sehingga aktifitas masyarakat berjalan seperti biasa termasuk dalam penyelenggaraan acara tradisi Sedekah Laut ini. (Saring Hartoyo).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.