LIES YETITO, PENGGERAK POSYANDU DESA KROYA.

Rapat Koordinasi Posyandu desa Kroya dihadiri petugas Kecamatan dan Kabupaten di bale desa Kroya, Selasa 19 /10/21.(sh)

Selarasindo.com–Posyandu adalah pos pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Terpadu, yakni kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan untuk mencapai NKKBS. 

Keberadaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di desa amat dibutuhkan dalam rangka melayani masyarakat di bidang kesehatan. Oleh karenanya di setiap desa sejak lama sudah dibentuk. Demikian juga di desa Kroya kecamatan Kroya kabupaten Cilacap.

Adalah  Lies Yetito atau lebih dengan panggilan akrab Bu Lies. Wanita kelahiran Bandung Jawa Barat tahun 1959 yang tinggal di RT 15 RW 4 Desa Kroya ini sejak tahun 1987 sudah aktif dalam organisasi sosialkemasyarakatan dan saat ini sebagai Ketua Posyandu desa Kroya.

Seperti halnya pada Selasa 19 Oktober 2021 ia mengadakan rapat rutin dengan para pengurus Posyandu dari masing -masing RW. Dalam rapat koordinasi ini diikuti oleh 43 orang dihadiri ibu kepada desa, petugas Puskesmas serta dari Tim Penggeraknya PKK kecamatan dan pemantau dari Kabupaten.

Lies Yetito, Ketua Posyandu desa Kroya. (Sh)

 “Desa Kroya terdiri dari 7 RW. Namun karena ada RW yang terlalu luas, kemudian dibagi 2 kelompok sehingga desa Kroya semua ada 8 kelompok Posyandu.” ujar Ibu Lies kepada selarasindo.com.

Dikatakan bahwa Posyandu Desa Kroya secara rutin setiap tanggal 20 mengadakan pertemuan pengurus. Namun karena pada 20 Oktober hari libur, maka pertemuan diajukan pada tanggal 19.

“Setelah pertemuan ini masih ada pertemuan lain yakni kegiatan pelayanan Kelas Ibu Hamil, Ibu Balita dan berikutnya Kelas Lansia. Dan pelayanan secara bergilir di masing-masing masing Posyandu RW agar masyarakat lebih dekat sehingga bisa disiplin dalam mengikuti pelayanan Posyandu.” ungkapnya lagi.

Pertemuan rutin pengurus Posyandu di Bale Desa Kroya, Selasa 19/10/2021. (Sh)

Dalam pertemuan tersebut, petugas kesehatan dari Puskesmas Kroya mensosialisasikan tentang sanitasi. Sedangkan dari Kabupaten yang dihadiri oleh Ibu Retno dan Ibu Awaludin, untuk pemantauan dan sharing tentang kegiatan Posyandu yang ada di desa Kroya.

Aktifis tak kenal lelah. 

Ibu Lies Yetito adalah sosok aktifis yang tak kenal lelah. Sejak tahun 1987 hingga kini terus aktif di berbagai kegiatan sosial masyarakat. Selain sebagai Ketua Posyandu desa Kroya ia juga Ketua PKK RT dan tahun 2021 ini ia juga sebagai pengurus KPMD desa Kroya. (Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.