Minggu, Juni 26
Shadow

SETELAH TRAMPIL OLAH SABET, DALANG CILIK RAFI RAMADHAN KINI TENGAH BELAJAR ANTA WECANA.

Dalang cilik Rafi Ramadhan. (Sh)

Selarasindo.com–Rafi Ramadhan siswa kelas 2 SMP Miftahul Ulum Cigandul Jakarta Selatan adalah pelajar yang amat menggemari seni tradisional berupa Wayang Kulit . Pada Sabtu siang, 8/1/22 pentas di rumah sang kakek Pendapa Banyumudal kecamatan Buayan kabupaten Kebumen.

Pada bulan Desember 2021 lalu ia pentas di TVRI Palu Sulawesi. Oleh karenanya meski di musim pandemi saat ini ia terus latihan sabet di Pendapa Unindra Jakarta. Hal ini lantaran Rafi terus belajar bukan sebatas olahraga sabet. Hal yang tidak mudah adalah anta wecana atau tutur kata baik intonasi maupun besar kecil atau tinggi rendahnya suara yang membedakan karakter satu tokoh wayang satu dengan yang lain.

Dalang cilik Rafi Ramadhan saat tampil di Pendapa Banyumudal dalam acara ujud syukur telah diresmikan ya Taman Gepwisata Karangbolong Karangsambung desa Jladri Sabtu 7/1/22. (Sh)

Rafi Ramadhan saat ini terus berlatih untuk persiapan pentas di Surabaya dalam waktu dekat ini. Banyak orang heran dan bertanya tanya. Anak lahir dan dibesarkan di Jakarta tapi gemar pada seni wayang kulit dan justru menjalaninya.

” Saya senang dengan seni wayang kulit karena sejak kecil sudah diajak eyang ( Prof H. Sumaryoto nonton wayang kulit di Taman Mini Indonesia Indah ( TMII). ” ujar cucu Rektor Unindra PGRI Jakarta Prof. H. Sumaryoto.

Cucu Prof H. Sumaryoto yang gemar terhadap seni wayang kulit bukan hanya Rafi Ramadhan. Kakaknya yakni Prama Reza Fadlansyah atau yang sekarang sebagai dalang milenial dengan sebutan Ki Herjuno Prama Reza Fadlansyah ini juga sama hoby dan menggeluti kariernya di bidang seni wayang kulit.

Bahkan saking hobynya dalam pentas secara bergantian. Jika. Siangnya Rafi maka malam harinya yang pemtas sang kakak yakni Herjuno Prama Fadlansyah yang kini duduk di bangku kelas 2 SMA Mifahul Ulum Jakarta Selatan ini.

Dalang cilik yang tengah merambah remaja ini yang mnangg akan mereka berdua mendapat amanah sebagai duta budaya internasional yang pernah tampil di Rusia, India dan Korea Selatan. Untuk di dalam negeri selain pentas di TVRI Pusat dan daerah seperti TVRI Jogja, Semarang, Palu, dalam waktu dekat ini akan tampil di TVRI Surabaya.

” Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kami juga akan tampil di TVRI Surabaya,” ujar dalang cilik yang pernah tampil di berbagai daerah dan secara rutin di Pendapa Banyumudal kecamatan Buayan Kebumen Jawa Tengah. ( Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.