Minggu, Juni 26
Shadow

PONDOK PESANTREN MODERN (PPM) ZIIS CILONGOK, RAPAT EVALUASI DI AGRO KARANG PENGINYONGAN.

KH. Ichwan Hero Hardiyanto SH, I, salah satu Pimpinan Pondok Pesantren Modern (PPM) ZIIS, saat memberikan pengarahan  dalam acara Rapat Evaluasi di Pendapa Praba Wulan AKP, Senin 13/6/22.(sh)

Selarasindo.com–Pondok Pesantren Modern (PPM) ZIIS, yang beralamat di Jalan Cikidang kecamatan Cilongok Banyumas Jawa Tengah, jelang akhir tahun ajaran 2021-2022, Senin 13 Juni 2022 adakan rapat evaluasi.

Bertempat di Pendapa Praba Wulan wahana wisata Edukasi Agro Karang Penginyongan (AKP) desa Karang tengah kecamatan Cilongok ini , diikuti  40 orang terdiri dari tenaga pendidik dan kependidikan serta para pendiri dan pengurus yayasan.

Guru (ustazah) SMP-SMA PPM ZIIS Cilongok foto bersama di AKP senin 13/6/22.(sh).

Acara dihadiri oleh Pendiri Yayasan yakni KH. Casiwan Haryo S, KH. Sugeng Santoso dan Ust. Ichwan Hero Handriyanto SH.I Pimpinan Pondok Pesantren Modern (PPM) ZIIS.  Selanjutnya acara Rapat Kenaikan Kelas tahap I dipimpin oleh Usth. Sofia Umami SPd. Usai Isoma dilanjutkan Rapat Kenaikan Kelas Tahap II dan Do’a penutup oleh Ust. M. Irfan SPd. Di ujung acara diisi hiburan (game) dipandu oleh PJ. Ust Reza dan diakhiri dengan foto bersama.

Dalam kesempatan tersebut Ust. Ichwan Hero Hardiyanto sempat berbincang dengan selarasindo.com. “Yang tengah dirapatkan adalah hasil dari evaluasi belajar selama satu tahun kemarin yakni tahun ajaran 2021-2022 kemarin, ” ujar Ust. Ichwan Hero Hardiyanto SH. I.

Usai acara, para pendidik (ustad) PPM ZIIS Cilongok foto bersama di Pendapa Praba Wulan AKP, Senin 13/6/22. (Sh)

Selain membekali ilmu agama Islam PPM ZIIS juga sekaligus mendirikan pendidikan umum yakni SMP dan SMA. Saat ini adalah tahun pertama dengann siswa baik SMP maupun SMA baru kelas 1. Jumlah siswa semua 182 dengan rincian SMP sebanyak 85 siswa selebihnya siswa kelas 1 SMA. Sedang untuk melayani kedua  sekolah tersebut melibatkan 32 orang tenaga pendidik dan kependidikan.

Kewirausahaan.

Ponpes Modern ZIIS juga memiliki kurikulum yang menjadi ciri khas tersendiri, yaitu kurikulum entrepreneurship yang berlaku untuk jenjang SMA. Kurikulum berbasis entrepreneurship di Ponpes Modern ZIIS merupakan kurikulum nasional yang diperkaya dengan pendidikan entrepreneurship (kewirausahaan) karena konsep pendidikan nasional terbuka untuk pengayaan.

“Siswa kami selain dibekali ilmu keagamaan yang kuat, juga dibekali tentang kewirausahaan agar kelak mampu menjadi wirausawan sukses seperti beliau pendiri Ponpes Modern ini yakni Bapak KH.Casiwan Haryo S. ” ujar Ust. Ichwan.

Mengajukan BOS

Ketika ditanyakan bagaimana untuk kebutuhan operasional, Ust. Ichwan menuturkan karena sekolah baru yang belum dapat bantuan dana BOS maka selain bantuan dari wali siswa kekurangannya ditutup  oleh KH. Casiwan Haryo S. selaku pemilik yayasan sekaligus yang membangun PPM ZIIS ini.

Ust. Ichwan Hero Hardiyanto. SH.I.  (SH)

“Untuk persyaratan ijin operasional sekolah Alkhamdulillah sudah keluar. Namun untuk pengajukan bantuan BOS persyaratannya tidak mudah dan sedang proses. Pada bulan Agustus 2022 ini adalah akhir pendaftaran pengajuan bantuan operasional sekolah dari pemerintah. Mudah-mudahan kami sudah memenuhi persyaratan sehingga ke depan bisa dapat bantuan dana BOS, ” ujar  alumni Pondok Pesantren Gontor Ponorogo Jawa Timur tahun 2003 ini.

Fasilitas lengkap. 

Di akhir bincangannya, ketika ditanyakan mengapa memilih Agro Karang Penginyongan sebagai tempat acara ini Ust. Ichwan Hero Hardiyanto menuturkan, sebelumnya sempat bingung mencari tempat untuk rapat akhir tahun kenaikkan kelas.

” Namun kemudian ingat. Dulu saya pernah ke sini. Suasananya adem dengan pemandangan asri. Apalagi di sini ada aula yang luas dan fasilitas lengkap sehingga kami putuskan untuk menggelar acara disini” ujar pria yang hoby olahraga beladiri ini. (Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.