Minggu, Juni 26
Shadow

KELOMPOK BERMAIN ‘MAWAR HARMONI’ DESA KARANGTENGAH GELAR ACARA PELEPASAN SISWA.

Pelepasan siswa siswi KB Mawar Harmoni desa Karangtengah, Cilongok di Pendapa Praba Wulan (AKP) Selasa 14/6/22. (Sh)

Selarasindo.com–Kelompok Bermain (KB) Mawar Bersemi desa Karangtengah kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa 14 Juni 2022 menggelar acara pelepasan siswa tahun ajaran 2021-2022. Bertempat di aula Praba Wulan, wahana Wisata Agro Karang Penginyongan (AKP). 

Hadir dalam acara tersebut sekitar 100 orang terdiri dari siswa, wali siswa, Komite, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, dan juga Pengurus PAUD dan TK yang ada desa Karangtengah.

Acara meriah.

Jelang pelepasan, tamu undangan dihibur oleh siswa-siswi yang memiliki bakat dan minat di bidang seni. Hasil tempaan para pendidik khususnya di bidang seni suara maupun tari yang ditampilkan, membuat hadirin kagum dan bangga. Meski anak masih usia dini, namun memiliki  kemampuan  dan keberanian mengekspresikan di depan umum baik personal maupun kelompok.

Siswi KB Mawar Harmoni tengah menampilkan seni tari. (sh)

Mengabdi di dunia pendidikan nonformal. 

Komsiyah, Kepala KB Mawar Harmoni dalam bincangannya dengan selarasindo.com menuturkan, tahun ajaran 2021-2022 ini, KB Mawar Harmoni melepas 22 dari 27 siswa. Adapun yang 5 anak tertunda karena tergolong masih dibawah umur dan oleh orang tuanya akan berlanjut bergabung di KB Mawar Harmoni.

Wanita yang satu ini di desanya dikenal sebagai sosok pejuang di bidang pendidikan non formal anak usia dini. Ia mengabdi sejak 13 tahun lalu sebagai pendidik KB Mawar Harmoni.

Komsiyah, Kepala KB Mawar Harmoni desa Karangtengah, Cilongok Banyumas. (sh)

Apa bedanya Kelompok Bermain (KB) dan PAUD? 

“Sebetulnya KB dan PAUD sama saja. Bedanya, kalau Kelompok Bermain (KB) pendirinya adalah Yayasan, sedangkan PAUD pendirinya dari PKK, ” ujar Komsiyah.

Untuk melayani siswa, KB Mawar Harmoni kini ada tiga pendidik yakni Komsiyah, Waimah (tengah mengerjakan skripsi untuk meraih S1), dan Priyatin.

“Alkhamdulillah saya bersyukur dan bahagia karena dihadiri selain para wali siswa, pejabat terkait, juga tokoh masyarakat sehingga acara pelepasan siswa ini begitu meriah.” ujar wanita yang secara totalitas waktunya untuk mengabdi di KB Mawar Harmoni ini.

Apa tidak jenuh setiap hari mengurus anak usia dini?

“Justru semakin ke sini, saya semakin senang. Karena karakter anak- anak berbeda dengan dunianya orang tua seperti kita, ” ujar ibu dua anak dan satu cucu ini seraya tertawa.

Yang lebih menarik lagi, pengabdian ketiga pendidik di KB Mandiri tidak semata karena imbalan.

” Soal imbalan, kalau ada ya disyukuri dan dinikmati bersama sama. Tapi kalau tidak ada ya tidak masalah. Kami diniati untuk mengabdi. Sebab kalau hanya semata cari imbalan, ya bisa saja kerja di pabrik atau di tempat lain, “ujarnya lagi.

Mengapa acara digelar di Agro Karang Penginyongan?

“Karena lokasinya dekat dengan sekolah, tempatnya strategis. Dan yang lebih menarik lagi, pengelola obyek wisata ini memiliki perhatian yang cukup besar kepada sekolah kami. Setiap tahun membantu penyelengaraan kami di sini. Selain itu tempatnya amat cocok sebagai wahana edukasi, untuk bermain sekaligus pengenalan anak terhadap alam dan lingkungan, ” ungkapnya (Saring Hartoyo).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.