Minggu, Juni 26
Shadow

DWIKI DHARMAWAN MERASA MALU KARENA SERING MEREPOTKAN PEMERINTAH.

Dwiki Dharmawan. (Ist)

Selarasindo.com–Meski musisi yang satu ini mengaku gampang dapat dukungan dari pemerintah apabila ingin melakukan ragam kegiatan musik dan perjalanan luar negeri namun lama lama merasa tidak enak. 

“Jujur sebagai musisi saya malu sering merepotkan pemerintah, makanya nggak enak hati kalau perjalanan saya ke Bosnia untuk tampil di International Moonjune Music Festival.” ujar Dwiki Dharmawan saat jumpa wartawan sebelum keberangkatan ke Bosnia di Farabi Music School Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2022)

Maka Dwiki amat bersyukur karena biaya perjalanan kali ini semua ditanggung oleh panitia International Moonjune Music Festival di Bosnia.

“Alhamdulillah perjalanan saya kali ini udah ditanggung panitia. Jadi tidak perlu bantuan pemerintah.” tegas Dwiki.

Dan setelah terhenti sekitar 2 tahun karena adanya pandemi covid 19 , giat tur internasional musisi Indonesia Dwiki Dharmawan kembali akan dimulai. Pada Tanggal 26 juni 2022 Dwiki
Dharmawan akan tampil perdana paska pandemi di mancanegara bersama Yaron Stavi (Akustik Bass/Jerman), Asaf Sirkis (Drums/Inggris Raya), Nguyen
Le (Guitar/ Vietnam/Perancis), Boris Savoldelli (Vocal/Italia) dan Ofer Asaf (Saxophone/ USA).

International Moonjune Music Festival, Jace 2022 akan diadakan di kota indah Jajce, Bosnia & Herzegovina pada tanggal 24, 25 dan 26 Juni tahun ini. Dwiki Dharmawan akan tampil pada hari ketiga yaitu tanggal 26 Juni. Festival Music MoonJune akan diadakan setiap tahun di bulan Juni, dan selalu di tempt yang sangat indah, dan hanya menampilkan artis di MoonJune Music & Records. Rangkaian dari seri Moonjune Music Festival (IMMF) yang akan dilanjutkan di kota Toledo, Spanyol tahun 2023, lalu di Ubud, Bali Tahun 2024 serta di wilayah puglia, Italia 2025 yang akan datang.

Tahun ini Alexander Paul Dowerk, Asaf Sirkis, Bernhard Wöstheinrich, Boris Savoldelli, Dennis Rea, Dwiki Dharmawan, Beledo, Markus Reuter, Nguyen Le, Ofer Assaf, Sailyk Ommun, Vasco Trilla, Wadim Dicke dan Yaron Stavi akan tampil di kota yang indah Jajce, Bosnia 8
Herzegovina. Jajce kaya dengan hampir dua ribu tahun sejarah panjangnya. Acara ini akan difilmkan dan direkam secara multitrack, sera disiarkan secara live streaming.

Perjalanan wiki Dharmawan bersama Moonjune Records dimulai di tahun 2015 ketika merekam dan merilis album perdana kolaborasi dengan Moonjune Records yaitu album “Dwiki Dharmawan – So Far So Close” yang direkam di Los Angeles Amerika Serikat didukung Chad Wackerman (Drums). Jimmy Haslip (Bass) dan Jerry Goodman (violin), disamping dua gitaris Indonesia Dew Budjana dan Tohpati.

Pada tahun 2016 Moonjune Records yang digawangi oleh Leonardo Pavkovic kembali
menggarap karya berikutnya dengan Dwiki Dharmawan dan kali in direkam di London dan didukung oleh musisi musisi yang berbasis di London yaitu Yaron Stavi (Bass), Mark Wingfield (Guitar), Nicolas Meier (Guitar), Asaf Sirkis (Drums), Gilad Atmon (Bass Clarinet), Boris Savoldelli (Vocal) dan Aris Daryono (Gamelan).

Album yang bertajuk “Dwiki Dharmawan-Pasar Klewer” in kemudian mendapat respon yang luas dari penggemar jazz mancanegara dan menjadi “Album of The Year 2016” dari DownBeat Magazine (USA) serta “Best Albums 2017” dari jazzWise Magazine (UK).

Tahun 2017 Leonardo memboyong Dwiki ke Barcelona, Spain dan langsung merekam dua
buah album bersama Dwiki Dharmawan. Di laCassaMurada Studio. Yang pertama adalah
“Dwiki Dharmawan – Rumah Batu” yang didukung oleh maestro Spanyol Carles Benavent (Piccolo Bass), Asaf Sirkis (Drums), Nguyen Le (Guitar) dan Yaron Stavi (Akustik Bass). Yang Kedua adalah kolaborasi bersama Markus Reuter (Touch Guitar), Asaf Sirkis (Drums) dan Boris Savoldelli (Vokal) yang menjadi album “Dwiki Dharmawan- Hari Ketiga”. Kedua album tersebut dirilis di tahun 2018 dan tahun 2020. (Buyil/SH)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.