KIAT LISTYOWATI SPD, SAAT MEMIMPIN SEKOLAH FAVORIT.

Lityowati SPd mantan Kepala SD Negeri 3 Sokanegara,  Purwokerto Timur usai lepas sambut di Pendapa Praba Wulan, wahana wisata edukasi Karang Penginyongan Rabu 8/7. (SH)

Selarasindo.com–Pada Mei 2020 lalu wanita bernama Listyowati SPd kepala SD Negeri 3 Sokanegara ini memasuki masa purna tugas atau pensiun.

Usai lepas sambut kepala sekolah,Guru SD N 3 Sokanegara nikmati indahnya kawasan wisata edukasi Agro Karang Penginyongan (AKP) Rabu 8/7. (SH)

Acara lepas sambut dilaksanakan  pada Rabu 8/7 lalu di Pendapa Praba Wulan Agro Karang Penginyongan obyek wisata edukasi di desa Karangtengah Cilongok Banyumas Jawa Tengah.

Usai serah terima, kepada Pujiati SPd SD yang mendapat amanah melanjutkan tugasnya itu, Listyowati SPd sempat berbincang dengan selarasindo.com tentang kiatnya memimpin sekolah favorit yang tahun ajaran 2019-2020 siswanya sebanyak 311 anak dengan 24 tenaga pendidik dan kependidikan tersebut.

Ia menuturkan, tidak  mudah menjalankan tugas yang cukup berat itu tanpa keberadaan tenaga pendidik maupun kependidikan.

“Kalau ada perintah dari atasan, langsung saya sampaikan dengan penuh kasih sayang” ujarnya.

Hal itu agar tidak salah persepsi dan tidak tersinggung sehingga dalam menjalankan tugas dengan tulus ikhlas. Selain itu dirinya juga selalu siap menerima kritik maupun saran dari rekan-rekan kerjanya.

“Dan yang tak kalah pentingnya adalah transparansi dalam menejemen maupun anggaran,” tuturnya lagi.

Pernah memimpin di beberapa sekolah.

Setelah mengabdi sebagai guru, tahun 2006  ia diangkat sebagai kepala sekolah. Pertama di SD Negeri Arca 2 Purwokerto. Kemudian di SD Negeri Sokanegara 4, dan terakhir hingga masa pensiun ia memimpin SD Negeri Sokanegara 3 Purwokerto Timur yang merupakan sekolah favorit yang pada tahun ajaran 2019-2020 muridnya  sebanyak 311 anak.

Dibawah kepemimpinannya sekolah yang menarik perhatian orang tua wali murid untuk menyekolahkan anaknya disini. Bahkan bukan hanya dari lingkungan sekitar, bahkan banyak muridnya yang berasal dari luar desa Sokanegara. Hal ini karena sekolah ini banyak meraih prestasi baik di bidang akademis maupun non akademis.

Outing class

SD N3 Sokanegara dalam menyampaikan dalam pembelajaran bukan hanya di dalam ruangan tapi juga diluar kelas, di alam terbuka atau outing class.

Setyowati SPd dalam sistem pembelajaran outing class di tempat yang dekat,a namun sesekali murid diajak outingclass di alamAalam terbuka seperti Agro Karang Penginyongan ini. (Saring Hartoyo)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.