Rabu, Mei 1
Shadow

NOLLY SUDRAJAT S.IP, TOTALITAS MENGABDI DI BIDANG KESEHATAN DAN KEMANUSIAAN.

Nolly Sudrajat S.IP. (SH)

Selarasindo.com.–Adalah Nolly Sudrajat SIP. Pria yang mengabdi di Dinas KB PPA Kabupaten Cilacap Jawa Tengah ini Sabtu,19 Februari 2022 turun ke desa Kroya untuk memberikan pembekalan kepada kader PKK, Posyandu, Perangkat Desa, Lembaga Desa, Linmas dan tokoh Masyarakat dalam Kegiatan Pentingnya Pola Asuh Anak dan Remaja serta Penyuluhan Tentang Bahaya Gadged Pada Anak Dan Cara Mengatasinya.

Dihadapan sekitar 70 peserta Noli begitu nama panggilan akrabnya,Ia kini mengabdi sebagai tenaga Penyuluh Lapangan KB Kabupaten Cilacap. Ia adalah ayah dua anak dan istrinya seorang dokter yang mengabdi di Puskesmas Cilacap Tengah di Jalan Kalimantan Cilacap

Kepada para peserta ia menyampaikan, apabila di lingkungannya  ada kasus tentang narkoba, HIV, Kenakalan Remaja dan lainnya ia membuka pintu selebar-lebarnya untuk berekonsultasi dengannya secara gratis. Ia adalah sosok familiar dan humoris.Dalam penyampaian materi penuh canda tawasehingga suasana tidak jenuh.

Nolly Sudrajat SIP, saat memberikan menyampaikan  materi tentang Parenting Pola Asuh Anak dan Remaja di Balesesa Kroya Sabtu 19/2/22.(sh)

Tugas rutinnya selain di Dinas KB di Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, ia juga di P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) yang secara khusus menangani kasus-kasus kekerasan yang menimpa Ibu dan Anak seperti Pencabulan, Perkosaan, Perdagangan Orang, Kekerasan Dalam Pacaran dan lainnya yang diberi nama CITRA (Cilacap Tanpa Kekerasan).

Di tahun 2022 ini ia juga akan membentuk PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga. Sedangkan CITRA penanganan setelah kecelakaan terjadi, sedangkan Puspaga sebelum kecelakaan terjadi atau antisipatif. Seperti keributan dengan suami atau istri yakni perselisihan yang tidak ada ujungnya atau tidak selesai-selesai. Apabila ada yang mengalami permasalahan seperti ini ia membuka pintu untuk berkonsultasi. Demikian pula jika di sebuah keluarga ada anaknya yang bermasalah yakni tidak mau sekolah, Ia membuka pintu untuk berkonsultasi. Jadi PUSPAGA menangani berbagai masalah keluarga yang tidak ada hubungannya dengan tindak kekerasan.

Ia juga Ketua DPC GRANAT (Gerakan Nasional Anti Narkotika) kabupaten Cilacap yang khusus menangani Narkotika dan Psikotropika.Tugasnya adalah mengungkap kasus-kasus tentang peredaran narkoba di kabupaten Cilacap. Ia juga menangani di Komisi Penanggulangan AIDS. AIDS adalah virus yang disebabkan tertularnya dari seseorang sehingga daya tahan tubuhnya berkurang.

Usai memberikan pembekalan kepada peserta, Nolly  Sudrajat SIP foto bersama di Bale desa Kroya Sabtu 19/2/22. (Sh)

Selain itu ia juga di POKJARANHAM (Kelompok Kerja Rencana Aksi Nasinal Hak Azasi Manusia kabupaten Cilacap.Kemudian Forum Kewaspadaan Diri (Senacam Inteljen) kabupaten Cilacap yang kegiatannya ada di Kesbangpol. Ia juga sebagai Komite Sekolah di SMA Negeri 1 Cilacap Bidang Kepramukaan. Ia juga penasehat Masjid Baitul Firdaus, Penasehat TPQ, dan Penasehat POKDAR (Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat).

Itulah sosok Nolly Sudrajat S.IP. yang dalam kesehariannya super sibuk. Meski demikian ia nampak enjoy. Bahkan dalam satu hari kadang menjadi pemateri di beberapa tempat. Tujuannya agar apa yang ia sampaikan kepada para kader bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Seperti halnya pada Sabtu 19 Februari 2022 ia membekali kader PKK, Posyandu, Perangkat desa dan tokoh kelembagaan desa tentang pentingnya pemahaman apa terjadi di tengah masyakarat yang perlu bantuan perlindungan. Bukan sebatas di bidang ekonomi, kesehatan dan yang tak kalah pentingnya bagi adalah perlindungan hukum bagi. (Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.