Rabu, Mei 1
Shadow

TOYO. SPd KEPALA SMP NEGERI 1 CIMANGGU : BEKERJA DENGAN KETULUSAN HATI

Selarasindo.com–Berasal dari keluarga petani. Ia terus berjuang untuk merubah nasib dengan profesi lain yakni ingin menjadi guru. Latar belakang keluarga petani sehingga orangtuanya tak terbayang kalau akan menyekolahkan ke jenjang yang lebih tinggi.  Di sisi lain dalam keluarga maupun lingkungan saat itu belum ada yang menjadi guru.

“Melanjutkan sekolah pun kalau bukan karena tekad sendiri,  mungkin lain lagi ceritanya,” ujar Toyo SPd kepala SMP Negeri 1 Cimanggu kabupaten Cilacap Jawa Tengah saat berbincang di ruang kerjanya Kamis 15/4.

Toyo SPd dalam acara Silaturahmi keluarga besar SMP Negeri 1 Cimanggu (Ist)
Toyo SPd dalam acara Silaturahmi keluarga besar SMP Negeri 1 Cimanggu (Ist)

Ia bertutur, saat itu minat orang tua menyekolahkan anaknya ke jenjang lebih tinggi di tempat tinggalnya  masih sangat kecil. Hal ini lantaran karena budaya lingkungan. Sekolah sampai SLTP dan SLTA di lingkungan hanya satu dua anak saja. Namun dengan tekad membara dan kerja keras untuk mewujudkan impiannya itu akhirnya  terwujud. Setelah merintis dilandasi niat pengabdian di dunia pendidikan, kini ia mendapat amanah memimpin SMP Negeri 1 Cimanggu.

Menjadi pimpinan tentu saja harus punya konsep untuk merubah dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Melakukan perubahan perlu kerja keras serta konsep yang tepat sehingga baik tenaga pendidik, kependidikan maupun anak didik mentaati aturan yang di canangkan untuk meraih prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

Bekerja dengan hati.

Toyo Spd bersama siswa siswi berprestasi. (Ist)
Toyo Spd bersama siswa siswi berprestasi. (Ist)

Untuk itu ia mengajak kepada para guru maupun staf dalam menjalankan tugasnya didasari dengan keikhlasan dan ketulusan hati. Diantaranya dengan mengadakan apel pagi sebelum masuk ruang kantor atau ruang kelas.

Apel dengan waktu singkat tentu masih ada hal-hal yang belum jelas. Untuk itu Toyo membuka pintu lebar-lebar baik staf maupun guru apabila ada sesuatu yang belum jelas. Dengan pola kepemimpinan seperti itu kinerja guru mampu meningkatkan prestasninya. Mulai dari peringkat 36 terus meningkat dan tahun 2014-2015 sekolah ini menduduki peringkat 21 ke kabupaten Cilacap.

Biodata :

  • Nama                            :  Toyo SPd
  • Lahir                             : Cilacap, 27 Juli 1964.
  • Orang Tua                   : Ayah : Suparno
  •                                           Ibu    : Dalmiyah
  • Istri                                : Naryuti SPd  (Pendidik)
  • Anak                            :  1. Aji Satria Nugraha  (Sarjana -Berja di Indocement), 2. Amalia Arifiana                                             Sakti ( kelas 2SMA)
  • Tempat Tinggal          : Perumahan Griya Puspa Sari Blok A Majenang Jawa Tengah.
  •  Hoby                             : Olahraga dan Tarik Suara.

(Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.