Jumat, Maret 29
Shadow

GOMBONG GOWES COMUNITY (GGC), JELAJAH ALAM KE AGRO KARANG PENGINYONGAN.

Pesepeda GGC (Gombong Gowes Comunity) saat persiapan star dari pertigaan Losari menuju Agro Karang Penginyongan, desa Karangtengah, Cilongok Banyumas, Minggu 5 Mei 2022.

Selarasindo.com– Sebanyak 40 pesepeda yang tergabung dalam wadah Gombong Gowes Comunity (GGC), Minggu 5 Mei 2022 berkunjung ke wahana wisata Agro Karang Penginyongan (AKP) di desa Karangtengah kecamatan Cilongok Banyumas.

Kunjungan dipandu oleh Ketua GGC Iptu (Purn) Parjo dan para pengurus. Gowes selain ber-olahraga juga menikmati alam pegunungan nan indah dan asri. Untuk menuju  ke AKP yang berada di lereng barat daya Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 650 m DPL sehingga membutuhkan tenaga dan tekad yang kuat.

Parjo Ketua GGC dan OM AKP Edi Subroto saat kordinasi pemberangkatan gowes di pertigaan Losari Minggu 5 /6/22. (sh)

Terjal berliku.

Rombongan sebanyak 40 orang terdiri 4 wanita dan 36 pria ini berangkat dari Gombong sekitar pukul 5.30 WIB. Untuk menuju ke desa Karangtengah kecamatan Cilongok Banyumas ini cukup jauh. Maka sepeda dan peserta diangkut kendaraan roda empat. Sampai di pertigaan Losari kecamatan Cilongok Banyumas sekitar pukul 8.00 WIB. Start dari pertigaan Losari disambut oleh Edi Subroto (OM AKP) pada pukul 8.30 dan  sekitar sejam kemudian finish di Agro Karang Penginyongan yang berjarak sekitar 10 km dengan menelusuri tanjakan terjal dan turunan berliku.

Di saat istirahat Ketua GGC  (Purn.Iptu) Parjo dalam bincangannya dengan selarasindo.com menuturkan bahwa selama sembilan tahun telah dilalui GGC. Berbagai tempat sudah ditelusuri. Antara lain : Titik Nol Jogjakarta, Bantul, Waduk Sempor, Pantai Logending, Pantai Menganti.

tanjakan terjal berliku.(sh)

Bahkan dari Gombong rombongan bersepeda ke Gunung Srandil pulang pergi tanpa loading dengan jarak tempuh sekitar 100 km, merupakan jarak terjauh yang pernah ditempuh GGC.

” Namun yang ditelusuri GGC dengan menggunakan sepeda tempat yang tertinggi adalah Agro Karang Penginyongan ini. Ekstrim sekali, tidak ada jalur yang datar. Dengan jarak sekitar 10 km dan ada yang berhasil sampai di AKP tanpa turun dari sepeda meski hanya sekitar tiga orang. Yang lain ‘putus’ termasuk saya, ” ujarnya sambil tertawa.

” Kami sudah merencanakan, ke depan GGC akan ke Borobudur dan Pantai Pangandaran, ” ujar pria yang tinggal di RT 4 RW 3 desa Wero Gombong ini.

Parjo, Ketua Gombong Gowes Comunity (GGC). (Sh)

Sedangkan kegiatan selain gowes, GGC  memiliki kegiatan sosial seperti membantu korban bencana dan warga yang membutuhkan bantuan. Seperti ada yang sakit, meninggal dan lainnya.

Ketika dimintai tentang kesan dan pesannya atas kunjungannya ke Agro Karang Penginyongan ia menuturkan.

” Saya bersyukur sekali kepada Direktur  Agro Karang Penginyongan yakni Pak Eko atau biasa disapa Mas Roni.  Luar biasa kami disambut dengan baik dan meriah,” ujarnya.

Bahkan obyek wisatanya bagus dengan udara sejuk sehingga saya kepengin ke sini lagi. (Saring Hartoyo)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.